HAK DAN KEWAJIBAN MASYARAKAT

Setiap orang memiliki hak dan kewajiban, bahkan seorang anak pun memiliki hak dan kewajiban di rumah. Seorang anak berhak mendapatkan perawatan dari orang tuanya, seorang anak juga memiliki kewajiban hormat dan patuh kepada orang tuanya.

Hak adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki dan menjadi wewenang seseorang. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali hak yang dimiliki seseorang misalnya hak hidup, hak milik dan hak berbicara. Hak penting untuk dipenuhi sebab dapat memberikan kesejahteraan bagi manusia.

Kewajiban adalah segala sesuatu yang harus diberikan atau dilaksanakan. kewajiban banyak macamnya misalnya: menaati peraturan, membayar pajak dan berbuat baik kepada orang lain.

Kewajiban penting untuk dilaksanakan sebab menyangkut kepentingan orang lain. Jika kewajiban tidak dilaksanakan maka orang lain akan terganggu. Misalnya jika seorang anak tidak mematuhi peraturan karena gaduh saat belajar maka tentu akan mengganggu anak-anak lain yang sedang belajar. Anak-anak yang lain memiliki hak untuk menerima ilmu dengan tenang.

Sikap tanggung jawab atau bertanggung jawab adalah sikap yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari untuk menunaikan kewajiban. Sikap tanggung jawab sangat dibutuhkan pada diri setiap orang. Dengan memiliki sikap tanggung jawab maka orang tersebut akan melakukan kewajibannya. Dengan tertanamnya sikap pentingnya tanggung jawab dalam diri seseorang maka orang tersebut akan tidak merugikan diri sendiri dan orang lain setelah itu Orang yang bertanggung jawab akan lebih dihormati dan disegani karena sudah menunaikan tanggung jawabnya.

Hak sebagai warga masyarakat yaitu:

1.    Berkumpul dan memberikan pendapat,

2.    Mendapatkan pendidikan dan pengajaran

3.    Mendapatkan lingkungan yang bersih dan nyaman

4.    Mendapatkan pekerjaan dan penghidupan yang layak,

5.    Bebas memeluk agama dan menjalankan ibadah

6.    Mendapatkan perlindungan hukum

7.    Bebas berkomunikasi dan memperoleh informasi.

8.    Tumbuh dengan berkembang dengan baik

9.    Menggunakan fasilitas-fasilitas umum

Kewajiban masyarakat

1.    Mematuhi aturan dan norma yang berlaku di masyarakat

2. Ikut berperan aktif dalam kegiatan di masyarakat misalnya kerja kerja bakti dan pemilihan ketua RT RW

3.    Membantu warga masyarakat lain yang sedang kesulitan

4.    Menjaga kebersihan lingkungan sekitar

5.    Menjaga ketertiban lingkungan

 

Comments

Popular posts from this blog

Makalah pembuatan Gemblong Kuningan

Monsoons

ASMAUL HUSNA ( AL MUHYI-AL MUMIT, AL HAYYU, AL-QAYYUM, AL AHAD)