Definisi Geografi Menurut Para Ahli Asing dan Indonesia


  1. Abler (1971) dalam bukunya Spatial Organization: the Geographer's View of the world, mengatakan bahwa geografi mengkaji struktur dan proses fenomena dan permasalahan dalam ruang. Berkaitan dengan itu, geografi selalu berbicara dengan peta untuk mengkaji struktur keruangan suatu permasalahan.
  2. Alexander (1958),Geografi ialah studi tentang pengaruh lingkungan alam pada aktivitas manusia. Dalam pandangan Alexander inilah mulai dibahas tentang hubungan timbal balik antara aktivitas manusia serta pengaruhnya terhadap lingkungan alam. 
  3. Alexander von Humboldt (1769–1859) Pada mulanya Humboldt adalah seorang ahli botani. Ia tertarik geografi ketika ia mulai mempelajari tentang batuan. Ia diakui sebagai peletak dasar geografi fisik modern. Ia menyatakan geografi identik atau serupa dengan geografi fisik. Ia menjelaskan bagaimana kaitan Bumi dengan Matahari dan perilaku Bumi dalam ruang angkasa, gejala cuaca dan iklim di dunia, tipe-tipe permukaan Bumi dan proses terjadinya, serta hal-hal yang berkaitan dengan hidrosfer dan biosfer. 
  4. Bernard Varen (1622–1650) atau lebih dikenal dengan Varenius adalah seorang geograf asal Jerman. Anehnya, dia adalah lulusan Ilmu Kedokteran Universitas Leiden, Belanda.Dalam bukunya, Geographia Generalis, ia mengatakan bahwa geografi adalah campuran dari matematika yang membahas kondisi Bumi beserta bagian-bagiannya juga tentang benda-benda langit lainnya. 
  5. Bisri Mustofa (2007), Geografi ialah ilmu yang menguraikan tentang permukaan bumi,iklim, penduduk, flora, fauna serta basil-basil yang diperolehdaribumi. 
  6. Claudius Ptolomeus : mempelajari hal, baik yang disebabkan oleh alam atau manusia dan mempelajari akibat yang disebabkan dari perbedaan yang terjadi itu.
  7. Daldjoeni nama Daldjoeni dikenal karena buku-bukunya yang membahas hal-hal yang berkaitan dengan geografi. Menurutnya, geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia mencakup tiga hal pokok, yaitu spasial (ruang), ekologi, dan region (wilayah).Dalam hal spasial, geografi mempelajari persebaran gejala baik yang alami maupun manusiawi di muka Bumi.Kemudian dalam hal ekologi, geografi mempelajari bagaimana manusia harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya.Adapun dalam hal region, geografi mempelajari wilayah sebagai tempat tinggal manusia berdasarkan kesatuan fisiografisnya
  8. Depdikbud (1989), geografi merupakan suatu ilmu tentang permukaan bumi, iklim, penduduk, flora, fauna, serta hasil yang diperoleh dari bumi.
  9. Ekblaw dan Mulkerne mengemukakan, bahwa geografi merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari bumi dan kehidupannnya, mempengaruhi pandangan hidup kita, makanan yang kita konsumsi, pakaian yang kita gunakan, rumah yang kita huni dan tempat rekreasi yang kita nikmati.
  10. Ellsworth Hunthington: memandang manusia sebagai figur yang pasif sehingga hidupnya dipengaruhi oleh alam sekitarnya.
  11. UNESCO (1956) mendifinasikan geografi sebagai: 1. satu agen sintesis; 2. satu kajian perhubungan ruang; 3. sains dalam penggunaan tanah.
  12. Erastothenes (abad ke-1), geografi berasal dari kata geographica yang berarti penulisan atau penggambaran mengenai bumi.
  13. Ferdinand von Richthoven, geografi adalah studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antara gejala-gejala dan sifat tersebut.
  14. Frank Debenham (1950), geografi adalah ilmu yang bertugas mengadakan penafsiran terhadap persebaran fakta, menemukan hubungan antara kehidupan manusia dengan lingkungan fisik, menjelaskan kekuatan interaksi antara manusia dan alam.
  15. Friederich Ratzel (1844–1904) Ratzel adalah guru besar geografi di Leipzig.Ia mengemukakan konsep geografi dalam bukunya yang berjudul Politische Geographie. Konsep itu diberi nama Lebensraum yang artinya wilayah geografis sebagai sarana bagi organisme untuk berkembang. Ia melihat suatu negara cenderung meluaskan Lebensraum-nya sesuai kekuatan yang ia miliki.
  16. Hartshorne (1950) ,Geografi iyalah ilmu yang berkepentingan untuk memberikan deskripsi yang teliti, beraturan, dan rasional tentang sifat variable permukaanbumi. Dalam pandangan Hartshorne, geografi adalah suatu ilmu yang mampu menjelaskan tentang sifat-sifat variable permukaan bumi secara teliti, beraturan, dan rasional. 
  17. Herioso Setiyono: Geografi merupakan suatu ilmu yg mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dengan lingkungannya dan merujuk pada pola persebaran horisontal dipermukaan bumi.
  18. Immanuel Kant (1724–1821) Selain sebagai seorang geograf, Immanuel Kant juga seorang filsuf. Immanuel Kant tertarik pada geografi karena menurutnya ilmu itu dekat dengan filsafat.Semua gagasan Immanuel Kant tentang hakikat geografi dapat ditemukan dalam buku Physische Geographie yang ditulisnya.Menurutnya, geografi adalah ilmu yang objek studinya adalah benda-benda, hal-hal atau gejala-gejala yang tersebar dalam wilayah di permukaan Bumi.
  19. James Fairgrieve (1966), berpendapat bahwa geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berfikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kehidupan di dunia.
  20. James Fairgrive (1966) Geografi memiliki nilai edukatif yang dapat mendidik manusia untuk berpikir kritis dan bertanggung jawab terhadap kemajuan-kemajuan dunia. Ia juga berpendapat bahwa peta sangat penting untuk menjawab pertanyaan “di mana” dari berbagai aspek dan gejala geografi.
  21. Jhon Alexander Geografi merupakan disiplin ilmu yang menganalisis variasi keruangan dalam veriabel kawasan-kawsan dan hubungan antar variabel – variabel keruangan.
  22. John Hanrath ,Geografiiyalah pengetahuan yang menyelidikipersebarangejala-gejalafisikbiologisserta antropologispadaruang di permukaanbumi , sebabakibatdangejalamenurutukurannilai, motif yang hasilnyadapatdibandingkan.
  23. John Mackinder (1861-1947) seorang pakar geografi memberi definisi geografi sebagai satu kajian mengenai kaitan antara manusia dengan alam sekitarnya.
  24. Karl Ritter (1779–1859) Seperti halnya Humboldt, Ritter juga dianggap sebagai peletak dasar geografi modern. Profesor geografi Universitas Berlin ini mengatakan bahwa geografi merupakan suatu telaah tentang Bumi sebagai tempat hidup manusia.Hal-hal yang menjadi objek studi geografi adalah semua fenomena di permukaan Bumi, baik organik maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia 
  25. Lobeck (1939), geografi adalah suatu studi tentang hubungan-hubungan yang ada antara kehidupan dengan lingkungan fisiknya.
  26. Maurice Le Lannou (1959) dalam bukunya La Geography Humaine, Objek studi Geografi adalah kelompok manusia dan organisasinya di muka bumi. 
  27. Paul Claval (1976) berpendapat bahwa Geografi selalu ingin menjelaskan gejala gejala dari segi hubungan keruangan. 
  28. Paul Vidal de la Blache (1845–1918) geografi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari bagaimana proses produksi dilakukan manusia terhadap kemungkinan yang ditawarkan oleh alam.
  29. Preston E James, berpendapat bahwa geografi dapat diungkapkan sebagai induk dari segala ilmu pengetahuan. Hal tersebut disebabkan banyak bidang ilmu pengetahuan selalu dimulai dari keadaan permukaan bumi, kemuadian beralih pada studi masing-masing. 
  30. Prof. Bintarto : Geografi mempelajari hubungan kausal gejala-gejala di muka bumi dan peristiwa-peristiwa yang terjadi di muka bumi baik yang fisikal maupun yang menyangkut mahkluk hidup beserta permasalahannya, melalui pendekatan keruangan, ekologikal dan regional untuk kepentingan program, proses dan keberhasilan pembangunan 
  31. .Prof. Halim Khan, mengemukakan bahwa geografi adalah apa yang dikerjakan oleh para ahli geografi, lingkungan alam dan sosial adalah objek operasinya, deskripsinya, analisisnya, dan kebiasaan perjuangan hidup manusia untuk mempertahankan hidupnya.
  32. Richard Hartshorne ,Geografi iyalah suatu disiplin ilmu yang menggambarkan dan menginterpretasikan karakteristik variabel – variabel dari suatu tempat ketempat lain di permukaan bumi sebagai tempat hidup manusia.
  33. Sasanasurya, mengemukakan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari bumi sebagai tempat tinggal manusia, terikat pada deskripsinya dan menerangkan perbedaan yang ada hubungan timbal balik di atas permukaan bumi.
  34. Semlok (Seminar dan Lokakarya) Ikatan Geografi Indonesia (IGI) di Semarang pada tahun 1988, menyimpulkan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kelingkungan dan kewilayahan dalam konteks keruangan.
  35. Sidney dan Donald J.D. Mulkerne, mengemukakan bahwa geografi adalah ilmu pengetahuan tentang bumi dan kehidupan yang ada di atasnya serta pengaruhnya terhadap kehidupan, makanan yang kita makan, pakaian yang kita pakai, rumah yang kita dirikan, dan aktivitas rekreasi yang kita nikmati.
  36. Strabo (1970) Geografi adalah erat kaitannya dengan faktor lokasi, karakterisitik tertentu dan hubungan antar wilayah secara keseluruhan. Pendapat ini kemuadian di sebut Konsep Natural Atrribut of Place.
  37. Ullman (1954) dalam bukunya yang berjudul Geography, A Spatial Interaction, Geografi adalah interaksi antar ruang.
  38. Vernor E. Finch dan Glen Trewartha (1980), Geografi iyalah deskripsi dan penjelasan yang menganalisis permukaan bumi dan pandanganny atentang hal yang selalu berubah dan dinamis, tidak statis dan tetap. Dari pengertian di atasVernor& Glen menitik beratkan pada aspek fisik yang ada di bumi yang selalu berubah dari masa kemasa.
  39. Von Rithoffen (1905), Geografi iyalah studi tentang gejala dan sifat-sifat permukaan bumi serta penduduknya yang disusun berdasarkan letaknya, dan mencoba menjelaskan hubungan timbal balik antar agejala-gejala dan sifat tersebut.
  40. William Hughes - geografi adalah ilmu, suatu hal yang tidak nama belaka, tapi dari argumen dan alasan, sebab dan akibat.
  41. Yeates (1963), Geografi iyalah ilmu yang memerhatikan perkembangan rasional dan lokasi dari berbagai sifat yang beranekaragam di permukaan bumi. Dalam pandangan Yeates, geografi adalah ilmu yang berperan dalam perkembangan suatu lokasi yang dipengaruhi oleh sifat-sifat yang ada di permukaan bumi dengan tidak mengenyampingkan alasan-alasan yang rasional.
 Beberapa pengertian geografi diatas, walaupun berbeda-beda dalam mengartikannya, tetapi mempunyai persamaan, yaitu:
 1. Membicarakan permukaan bumi (region, space) 2. Manusia sebagai penghuni, serta hubungan timbal balik diantara keduanya termasuk deskripsi dan analisisnya. Dengan demikian dapatlah kita simpulkan bahwa geografi adalah ilmu yang mempelajari permukaan bumi dan penduduknya (organisme), serta interaksi diantara keduanya.

Comments

Popular posts from this blog

Makalah pembuatan Gemblong Kuningan

Monsoons

ASMAUL HUSNA ( AL MUHYI-AL MUMIT, AL HAYYU, AL-QAYYUM, AL AHAD)