Hujan Asam



Curah hujan terdiri dari semua bentuk padat dan cair air yang diendapkan pada permukaan bumi dari atmosfer. Ini termasuk hujan, salju, hujan es, embun dan hujan es. Semua bentuk curah hujan yang asam sejauh mereka memiliki pH kurang dari 7; secara umum, curah hujan tidak terpengaruh oleh aktivitas manusia memiliki pH 5,6. ini negara alami asam presipitasi disebabkan oleh kombinasi dari air dan karbon dioksida di atmosfer untuk menghasilkan asam karbonat. Namun, curah hujan asam jangka, atau hujan asam, biasanya diterapkan untuk curah hujan ditandai dengan pH kurang dari 5,1 (Elsworth 1984) dan yang mengandung asam belerang dan nitrogen. Yang terakhir yang berasal dari berbagai sumber, di antaranya bahan bakar fosil yang paling penting.

Fenomena hujan asam pertama kali diakui oleh Robert Angus Smith, seorang ahli kimia Skotlandia, pada tahun 1852 menyusul survei polusi udara di Manchester. Smith diciptakan 'hujan asam' istilah, yang ia terkait dengan emisi sulfur dioksida dari bahan bakar fosil dibakar di pabrik-pabrik lokal. Berbagai pengamat selanjutnya mencatat dampak curah hujan asam pada ekosistem air dan darat. Misalnya, Gorham (1958) mencatat bahwa kimia danau dataran tinggi di Inggris Lake District dipengaruhi oleh curah hujan asam dari massa udara yang melewati jantung industri Inggris. Meskipun pengakuan ini dampaknya, curah hujan asam tidak muncul sebagai isu lingkungan utama sampai akhir tahun 1960-an. Pada saat ini, ahli ekologi Skandinavia yang menjadi prihatin menurun stok ikan; mereka juga mulai mengenali transportasi lintas batas curah hujan asam, yaitu ekspor curah hujan asam dari daerah sumber seperti daerah industri Eropa dan Inggris dan yang Transportasi ke dan deposisi di daerah yang jauh seperti Skandinavia. Dalam konteks ini, curah hujan asam menjadi politik serta masalah ekologi. Pencemar tidak mau mengakui ini, dan langkah-langkah mitigasi menuntut tercemar. Dampak dari hujan asam memanifestasikan dalam banyak cara. Kedua ekosistem darat dan air dapat memberikan dampak negatif melalui pengurangan pH, yang memiliki dampak bagi biota dan kualitas air; kesehatan manusia mungkin terganggu dan bahan bangunan dapat terkorosi.

Internasional langkah-langkah untuk mengekang asam curah hujan kini beroperasi di Eropa dan Amerika Utara, di mana masalah ini adalah yang paling akut setuju. Yang pertama ini didirikan pada tahun 1979. Ini adalah konvensi jarak jauh Polusi Lintas Batas Air (CLRTAP), sebuah protokol yang diadopsi pada tahun 1985 dan dikenal sebagai klub '30 persen 'karena perjanjian antara yang tiga puluh lima anggota untuk mengurangi emisi sulfur sebesar 30 persen dari tahun 1980 tingkat oleh 1993. Inggris, Polandia, Spanyol dan Amerika Serikat menolak untuk berlangganan konvensi, meski akhirnya semua berhasil mengurangi emisi belerang untuk gelar. Protokol lain ditandatangani pada tahun 1994 di Oslo untuk menyesuaikan target untuk polusi daripada untuk menegaskan kembali tujuan secara keseluruhan.
Langkah-langkah yang dibahas di atas telah terbatas pada belahan bumi utara, di mana dampak dari curah hujan asam telah paling intens dan paling luas. Oleh c. 1750, industrialisasi dan pembakaran skala besar dari bahan bakar fosil yang tidak terjadi, sehingga sudah ada hampir 250 tahun emisi tidak terkendali asam belerang dan nitrogen. Dampaknya telah sangat parah di daerah batuan dasar asam (seperti granit) yang dalam penerimaan massa udara dari daerah industri. Sementara langkah-langkah untuk mengekang asam curah hujan telah memfasilitasi dagree pemulihan ekosistem di bagian zona beriklim Northhern belahan bumi, masalah sekarang menyebar ke daerah tropis seperti negara-negara berkembang industrialise, terutama di Asia Tenggara dan Cina. Curah hujan asam demikian cepat menjadi isu lingkungan proporsi global.

SIFAT.MASALAH
Pembentukan Asam Sulfat dan Asam Nitrat
Asam Sulfat H2SO4


SO2 + H2O      H2SO3       H+ + HSO3-
SO2      Oksida SO3
SO3 + H2O      H2SO4        H+ + H2SO4-        2H++  SO42-
Asam Nitrat: HNO3
O3 + NO      NO2 + O2
O + O2     O3
2NO2 + H2O      HNO3 + HNO2

Asam ini adalah komponen dari hujan asam bersama dengan asam sulfat dan sulphorous.
Gas yang diproduksi secara alami melalui letusan vulkanik, yang fluks dalam siklus biogeokimia alami nitrogen dan sulfur (Gambar 3.2), fluks baru antara litosfer dan atmosfer telah diciptakan oleh aktivitas manusia, terutama pembakaran bahan bakar fosil. Sebagai tokoh 3.2 menunjukkan, pengaruh antropogenik pada ini siklus biogeokimia telah cukup (lihat pembahasan di Mannion 1997; 1998). Misalnya, pembakaran bahan bakar fosil fluks 70-80 Tg yr-1 belerang dari liithosphere ke atmosfer, yang sepuluh kali sebanyak fluks vulkanik. Pembakaran biomassa juga mempercepat fluks dari kedua sulfur dan nitrogen dari biosfer ke atmosfer.

Begitu mereka telah terbentuk di troposfer (atmosfer yang lebih rendah), asam menjadi dimasukkan ke dalam awan dan dapat menghasilkan pH serendah 2,6. Ini dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap ekosistem-ketinggian tinggi yang mengalami awan rendah atau kabut untuk waktu yang relatif lama. Ini adalah deposisi okultisme. Selain itu, entrainment asam dalam awan dan massa udara berarti bahwa mereka dapat diangkut ratusan kilometer di luar situs awal mereka produksi oleh angin yang berlaku sebelum mereka disimpan. Ini dan deposisi okultisme adalah kedua bentuk deposisi basah (Gambar 3.3). Atau, deposisi kering oksida sulfur dan nitrogen sebagai gas, aerosol atau partikulat mungkin terjadi. Ini adalah tahu deposisi kering (lihat Gambar 3.3) dan usully terjadi dekat dengan sumber produksi oksida belerang nitrogen dan.

Kedua deposisi basah dan kering memiliki dampak lingkungan, besaran yang tergantung pada kapasitas lingkungan untuk menetralkan, atau penyangga, curah hujan asam. Misalnya, di daerah batuan dasar alkali seperti batu kapur atau kapur, tanah memiliki pH relatif tinggi, usully c. 6-7,5, dan kapasitas tukar kation tinggi. Mereka memiliki kapasitas untuk menetralkan asam curah hujan karena adanya zat seperti kalsium karbonat dan magnesium karbonat. Demikian pula, danau dan sungai di daerah batuan dasar alkali kurang rentan terhadap pengasaman karena kehadiran anion bikarbonat (HCO3-). Area batuan dasar asam seperti granit atau orang-orang dengan tanah asam, gambut dan danau sangat rentan untuk lebih pengasaman.

Aluminium di perairan danau juga dapat menggabungkan dengan fosfor untuk membentuk kompleks kimia, efektif menghilangkan fosfor untuk penyerapan oleh produsen primer seperti ganggang. Akibatnya, penurunan produktivitas primer dan, pada gilirannya, tidak produktivitas sekunder. Dalam konteks ini, curah hujan asam mempengaruhi siklus biogeokimia dari aluminium. Hal ini juga dapat mempengaruhi siklus nitrogen; pH menurun menjadi kurang dari 5,7, aktivitas bakteri nitrifikasi dibatasi. Hal ini menyebabkan amonia, yang biasanya teroksidasi menjadi nitrat oleh bakteri ini, menumpuk di sistem. Kelompok tertentu dari ganggang kemudian dapat memanfaatkan amonia dalam proses biokimia yang kompleks yang mengakibatkan akumulasi ion hidrogen tambahan dan senyawa

Geografi Curah Hujan Asam

Curah hujan asam bervariasi temporal dan spasial. Temporal, mulai dalam skala besar di pertengahan 1700-an sebagai industrialisasi intensif dan menyebar melalui Inggris dan Eropa. Di belahan bumi utara, dampak dan waktu curah hujan asam bervariasi sesuai pada kapasitas dapar lingkungan tertentu serta lokasi industri dalam kaitannya dengan arah angin yang berlaku. Its terjadinya luas di skala belahan otak tercermin dalam catatan inti es di kutub. Inti es dari Kutub Utara menunjukkan peningkatan yang substansial dalam keasaman dari c. 1800. Selain itu, catatan nitrous oxide di kali praindustri adalah c. 275 ppbv (Raynaud et al. 1993) meningkat menjadi c. 312 ppbv pada tahun 1994 (Houghton et al. 1996), meskipun beberapa dari peningkatan ini adalah karena pembakaran biomassa dan penggunaan pupuk nitrat (lihat Mannion 1998). Aspek lebih lanjut dari dimensi temporal curah hujan asam telah terungkap melalui studi sedimen danau dan gambut. Penelitian tersebut memberikan catatan sejarah polusi lokal dan regional dan diperiksa di bawah sehubungan dengan Inggris dan Amerika Serikat.

Pengenalan langkah-langkah untuk mengekang emisi belerang di Eropa dan Amerika Utara in1985 ('30 persen klub ') telah membawa beberapa hadiah. menunjukkan, emisi belerang dari berbagai negara telah menurun. Hal ini disebabkan sebagian untuk penggunaan bahan bakar yang kaya sulfur kurang, program effciency energi, dan untuk instalasi teknologi desulfurisasi di pembangkit listrik. Ada juga menyerukan langkah-langkah positif yang serupa untuk mengekang emisi gas nitrous, meskipun secara umum ini telah jatuh emisi sulfur telah jatuh. Perjanjian internasional untuk mengekang emisi karbon dioksida melalui program energi effciency juga akan menyebabkan emisi asam menurun. Pengurangan emisi belerang telah menyebabkan ekosistem pemulihan di beberapa daerah, seperti yang dibahas di bawah. Ameliorasi secara jangka pendek juga telah terbukti sukses. Ini melibatkan pengapuran ekosistem danau diasamkan; Namun, dampaknya adalah berumur pendek, produk dari mengobati gejala bukan penyebab yang mendasari.

Salah satu contoh dari jaringan pemantauan tersebut adalah bahwa dari Inggris Asam Waters Jaringan Monitoring (AWMN), yang didirikan pada tahun 1998 (Patrick et al. 1996). Ini terdiri dari sebelas danau dan sungai sebelas lokasi di daerah asam-sensitif dari Inggris. The sifa kimia dan biologi dari situs ini dimonitor dan bersama-sama dengan catatan palaeolimnological dari sedimen danau dan data dari jaringan pemantauan curah hujan Inggris, mereka dapat digunakan untuk menentukan tren pengasaman. Data tersebut juga dapat berkontribusi untuk pembentukan beban kritis. Data sejauh dianalisis, untuk 1988-1993, menunjukkan bahwa tidak ada kecenderungan daerah dalam hal peningkatan atau penurunan pengasaman telah terjadi. Hal ini juga diakui bahwa jaringan pemantauan harus dibentuk di daerah-daerah yang baru industrialisasi. Misalnya, Yagishita (1995) melaporkan bahwa Badan Lingkungan Hidup Jepang mempertimbangkan jaringan seperti di Asia Timur; ini menyoroti kebutuhan untuk data dasar sebelum pengasaman signifikan terjadi dan menekankan sifat internasional dan geografis dari masalah.

Tabel 3.1 emisi gas belerang bagi negara-negara yang dipilih.

A (Nama Negara Bagian Eropa)
Emisi gas SO2 X103 ton per tahun
1980
1990
1995
Belgia
828
317
253
Bulgaria
2050
2020
1497
Rep. Ceko
2257
1876
1091
Filandia
584
260
96
Francis
3338
1298
986
Jerman (Timur & Barat)
7514
5326
2995
Islandia
18
24
24
Italia
3800
1678
1437
Polandia
4100
3210
2337
Russia (perbatasan Eropa)
7161
4460
2983
Spanyol
3319
2266
2061
Inggris
4913
3756
2365


B (Nama Negara Bagian Asia)
Emisi gas SO2 X103 ton per tahun
1975
1980
1987
Bangladesh
40
57
49
Cina
10,175
13,372
19,989
India
1652
2010
3074
Indonesia
201
329
485
Jepang
2571
1604
1143
Malaysia
193
272
263
Nepal
3.7
4.9
30.9
Korea Utara
234
271
333
Nepal
148
198
381
Korea Utara
1159
1918
1294
Taiwan
609
1036
605
Thailand
224
420
612
Sumber: (A) Pemantauan Eropa dan Program Evauiation seperti dikutip Agren (1997); (B) Dikutip di Kato (1996).

Catatan: Catatan penurunan di Eropa dan meningkatkan Asia

STUDI KASUS
Pengasaman danau
Ini adalah masalah serius di belahan bumi utara, terutama di daerah batuan dasar asam seperti bagian dari Scandivania, Skotlandia, daya Kanada, Rusia utara dan timur laut Amerika Serikat (lihat Gambar 3.4). Selain itu, banyak penelitian dari sedimen danau di wilayah ini menyediakan sarana membangun sejarah polusi, yang juga telah memberikan kontribusi terhadap pembentukan penyebab pengasaman. Banyak penelitian ini telah dilakukan sebagai bagian dari dua inisiatif utama: Palaeoecological Investigasi Terbaru Lake Pengasaman (Pirla) di Kanada dan Amerika Serikat; dan Air Permukaan Pengasaman Program (SWAP) di Inggris, Norwey dan Swedia. Hasil dari proyek-proyek ini telah mengungkapkan derajat dan waktu pengasaman antropogenik dan telah menunjukkan itu menjadi masalah serius dan meluas.
Sebagian besar Pirla dan SWAP penelitian mengeksploitasi sensitivitas spesies diatom (alga uniseluler yang merupakan dasar dari rantai makanan di banyak lingkungan air tawar dan laut) untuk pH dan terjadinya secara luas dalam sedimen danau. Toleransi pH dari spesies pulih sebagai fosil dari sedimen danau diketahui dari studi setara hidup mereka; sehingga pembangunan sejarah danau pengasaman mungkin berdasarkan rekonstruksi pH diatom-disimpulkan. Pengasaman tidak hanya dipengaruhi produsen primer seperti diatom tetapi juga mempengaruhi komposisi spesies organisme lain di semua tingkat trofik. Sisa-sisa dari beberapa organisme ini, seperti Cladocera (hewan mikroskopis yang terjadi di air tawar) dan chrysophytes (alga planktonik dengan meliputi luar dari skala yang terdiri dari silika: kista juga dapat hadir dalam sedimen) juga telah digunakan untuk menurunkan polusi Danau sejarah, bersama dengan partikel karbon (misalnya jelaga, arang) dan catatan stratigrafi dari logam berat (misalnya seng, tembaga, mangan dan besi) deposisi.

Di mana emisi gas asam telah menurun, baik melalui resesi industri berat atau melalui kontrol emisi, ada beberapa bukti bahwa pemulihan ekosistem terjadi. Misalnya, Battarbee (1994) melaporkan bahwa masyarakat diatom di beberapa danau Skotlandia berubah dalam komposisi emisi asam menurun, yang, pada gilirannya, menyebabkan kurang pengasaman di danau resapan dan air. Demikian pula, di timur Kanada, Gunn dan Keller (1990) telah menunjukkan bahwa banyak danau di wilayah tersebut memiliki konsentrasi yang lebih rendah dari aluminium, logam berat dan sulfat dan pH yang lebih tinggi daripada yang mereka lakukan pada 1970-an; dalam beberapa kasus, trout bahkan telah didirikan kembali. Selain itu, di mana pengapuran danau atau tanah resapan telah dilakukan, perbaikan cepat dalam pH dapat terjadi. Hal ini digambarkan oleh karya Blette dan Newton (1996) ON Woods Danau di Pegunungan Adirondack dari timur laut Amerika Serikat dan oleh karya Dixit et al. (1990) pada ikan danau Aurora dari Sudbury, Kanada. Dalam terakhir, kualitas air di dua danau diperbaiki sedemikian rupa bahwa aurora trout yang diperkenalkan kembali pada tahun 1990. Namun, pengapuran hanya solusi jangka pendek karena memperlakukan gejala bukan penyebab.

Dampak hujan asam pada ekosistem darat: hutan dan lahan gambut
Dampak hujan asam pada ekosistem darat terjadi langsung dan tidak langsung. Efek langsung melibatkan deposisi basah dan / atau kering dan okultisme pada vegetasi, yang dapat merusak kapasitasnya untuk fotosintesis dan menyebabkan hilangnya keanekaragaman hayati karena hanya spesies asam-sensitif setidaknya bertahan hidup. Pengaruh tidak langsung disebabkan oleh pengaruh yang curah hujan asam memiliki pada tanah, terutama pada kimia dan mikrobiologi mereka. Selain itu, dan seperti yang disarankan di atas, bentuk lain dari polusi seperti akumulasi ozon di troposfer dan pemanasan global dapat berinteraksi dengan curah hujan asam menyebabkan kerusakan ekosistem.

Pengendapan nitrous dan asam belerang meningkatkan kandungan ion hidrogen dari tanah dan menyebabkan penurunan adalah nutrisi tanaman penting (lihat bagian II); sebagai aktivitas mikroba menurun, jamur mendominasi sistem dekomposer. Populasi fauna tanah cacing tanah dan lainnya berkurang, yang membatasi pencampuran tanah, drainase dan aerasi. Hilangnya pangkalan dan nutrisi penting lainnya juga mengganggu pertumbuhan vegetasi. Hal ini digambarkan oleh Likens dkk. (1996), yang telah dipantau tanah dan kimia air di ekosistem Hubbard Brook Experimantal Forest, New Hampshire, Amerika Serikat, selama bertahun-tahun. Ada penurunan substansial dalam jumlah kalsium dan magnesium tanah; ini dapat mengganggu pemulihan ekosistem sebagai emisi asam menurun. Penurunan kalsium dan magnesium tanah juga dianggap sebagai penyebab utama penurunan hutan di Kola Peninsula dari Rusia, di mana emitor utama curah hujan asam adalah smelter nikel (Koptsik dan Mukhina 1995). Semua faktor ini dan mungkin orang lain mungkin bertanggung jawab untuk apa yang diakui sebagai penurunan substansial dalam kesehatan hutan di Eropa dan tempat lain. Kasus kerusakan hutan Eropa dibahas dalam Kotak 3.2 dan studi rinci perubahan tutupan hutan di Republik Ceko rinci dalam Ardo dkk. (1997).
Kebanyakan lahan gambut yang asam alami dan dengan demikian menawarkan kapasitas buffer sedikit curah hujan asam. Selain itu, di mana mereka berada di pedalaman immediaet daerah industri berat, kerusakan ekologi bisa cukup. Hal ini dicontohkan oleh gambut selimut di Pennines dari Inggris. Menurut (1998) Ulasan Lee, area lahan gambut antara Manchester dan Sheffield menerima jumlah yang cukup belerang dioksida dari pusat-pusat industri utama selama tahun 1800 dan 1900-an (sebelum mengontrol tindakan emisi partikulat di tahun 1950-an). Dampak dari pencemaran ini melibatkan hilangnya keanekaragaman hayati, terutama spesies Sphagnum; ini lumut rawa pembentuk sangat rentan terhadap polutan karena mereka sangat bergantung pada deposisi atmosfer untuk pasokan nutrisi mereka. Di mana spesies yang hilang dan lahan gambut menjadi semakin asam, erosi dapat menetapkan sebagai permukaan kehilangan tutupan vegetasi pelindung mereka.

Dampak hujan asam pada kain perkotaan, kualitas udara perkotaan dan monumen arkeologi
Emisi asam tidak membedakan antara rutal dan lingkungan perkotaan. Memang, emisi di kota-kota dapat sangat tinggi karena lalu lintas motor intens. Penurunan, pada dasarnya bentuk pelapukan, bangunan perkotaan yang penting dan monumen jelas di banyak kota-kota besar di dunia. Bahan bangunan seperti marmer, batu kapur dan batu pasir dapat terpengaruh, dan logam demikian juga Mei. Semua menderita korosi, yang menodai detail desain arsitektur, yang mahal untuk mengembalikan. Menurut McCormick (1997), c. 2,5 cm dari batu portland di Katedral St Paul di London telah dihapus, meskipun tindakan mekanis cuaca juga telah memainkan peran dalam hal ini. Masalah serupa terjadi di Stockholm, Swedan, di mana kerusakan telah dirusak Royal Palace dan gereja Riddarholm. The calcitic Gotland batu pasir, yang keduanya dibangun pada abad kedelapan belas, menunjukkan bukti runtuh dan pembusukan. Ini mengambil bentuk rapuh, permukaan longgar, gypsum dan pembentukan garam lainnya dan perubahan warna.

Ada juga kekhawatiran serius tentang kondisi banyak monumen kuno di pusat-pusat perkotaan modern, seperti di Athena, Yunani, termasuk parthenon di Acropolis. Ini telah dibangun dari batu kapur dan dengan demikian rentan terhadap pembubaran sebagai kapur alkali menetralkan emisi asam. Monumen kuno di tempat lain juga telah dirusak oleh hujan asam, seperti Wilford (1996) repots dalam kaitannya dengan reruntuhan Maya di Amerika Tengah dan di semenanjung Yucatan Meksiko
Konsentrasi tinggi dari sulfur dioksida di banyak mantan kota Soviet juga harus menjadi penyebab kerusakan besar pada kain perkotaan. Misalnya, Shahgedanova dan Burt (1994) melaporkan bahwa pada tahun 1998 emisi sulfur dioksida melebihi 1.000 ton per tahun dalam dua puluh tujuh kota / kota. Dalam Noril'sk, di Taimyr Semenanjung Siberia, emisi yang c. 2.2 X 106 ton, yang sebesar 12,4 ton per kapita; sumber utama adalah smelter tembaga-nikel dari tambang dan Metalurgi Noril'sk Combine. Kerusakan yang dihasilkan hutan pedalaman nya meningkat secara substansial sejak tahun 1970, namun kain perkotaan dan kesehatan manusia tidak akan telah terhindar oleh tingkat akut seperti polusi.
Seperti dalam kasus danau dan ekosistem darat, langkah-langkah perbaikan harus melibatkan penurunan emisi melalui peningkatan efisiensi energi di gedung-gedung dan sistem transportasi, dan kurang ketergantungan pada mobil.Dampak hujan asam terhadap kesehatan manusia.

Kualitas udara diakui sebagai faktor penting dalam kesehatan manusia, terutama dalam kaitannya dengan penyakit respirotory. Namun, curah hujan asam mungkin memiliki tambahan meskipun efek tidak langsung pada kesehatan manusia melalui dampaknya terhadap tanah dan sumber daya air. Secara khusus, logam berat dapat dilepaskan dari tanah karena pengasaman; mereka kemudian bisa masuk rantai makanan akuatik dan akhirnya mencapai manusia.

Masalah pernapasan yang disebabkan oleh kualitas udara yang buruk adalah penyakit yang paling umum yang curah hujan asam kontribusi. McCormick (1997) mencatat jumlah kematian yang disebabkan oleh smogs serius di dunia industri pra-1965; di antara yang terburuk adalah mereka di London pada tahun 1873 dan 1880; yang bersama-sama menyebabkan kematian 2.500. Ini adalah kejadian ekstrem terkait dengan industrialisasi dan sedikit tidak ada kontrol kualitas udara. Tua, muda dan mereka yang menderita penyakit pernapasan yang sangat rentan. Hari ini, peristiwa tersebut merupakan ciri khas dari negara-negara yang baru industrialisasi. Selain itu, ini adalah kejadian ekstrem dengan sebab dan akibat yang jelas. Di negara maju, kualitas udara perkotaan mungkin masih miskin (lihat contoh Noril'sk, Siberia, pada bagian sebelumnya) karena gas daripada emisi partikulat. Sebagai McCormick menunjukkan, masalah kesehatan mungkin terjadi dari paparan teratur untuk udara yang ditandai dengan polusi tingkat rendah. Meskipun hubungan antara polusi udara dan masalah pernapasan telah menghindari definisi yang tepat, peningkatan besar dalam masalah tersebut, terutama asma, mencerminkan pengaruh af kualitas udara setidaknya sebagian, meskipun faktor-faktor lain juga dapat berkontribusi. McCormick (. P 32) menyatakan 'Organisasi Kesehatan Dunia memperkirakan bahwa di Eropa saja, tingkat berlebihan sulfur dioksida mungkin bertanggung jawab untuk 6.000-13.000 kematian tambahan setiap tahun antara orang-orang berusia 65 tahun atau lebih; diintensifkan masalah pernapasan kronis untuk 89000-203,000 orang dan 58.000-99.000 kasus tambahan penyakit pada organ pernapasan lebih rendah di antara anak-anak. "

Comments

Popular posts from this blog

Makalah pembuatan Gemblong Kuningan

Monsoons

ASMAUL HUSNA ( AL MUHYI-AL MUMIT, AL HAYYU, AL-QAYYUM, AL AHAD)