IKLAN

 

Iklan adalah pesan atau berita yang ingin disampaikan pada masyarakat luas melalui suatu media. Iklan dibuat agar menarik perhatian masyarakat

Iklan bertujuan untuk membujuk atau mengajak penerima informasi untuk melakukan hal yang ditawarkan dari pembuat iklan

fungsi iklan

a.       Iklan komersial berfungsi untuk memperkenalkan suatu produk dan menarik perhatian masyarakat agar mengenali, membeli hingga mengkonsumsi atau menggunakan produk yang diiklankan (produk dapat berupa barang atau jasa )

b.      Memberi informasi kepada masyarakat misalnya pengumuman program pemerintah

Bahasa iklan ciri-ciri bahasa iklan yaitu pilihan kata singkat padat dan jelas bahasa mudah dimengerti menarik

Bahasa iklan itu bersifat merayu membujuk mengajak serta menganjurkan.

Iklan masyarakat atau iklan layanan masyarakat adalah iklan yang menyajikan pesan-pesan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat. Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat bukan untuk menjual suatu produk dan mencari keuntungan.

Berdasarkan jenis penggunaan medianya Iklan dibedakan menjadi dua yaitu

1.      Media cetak adalah iklan yang ditampilkan dalam media massa seperti Koran, majalah serta tabloid termasuk media cetak atau khusus yang dibuat oleh perusahaan misalnya brosur dan surat selebaran

2.      Media elektronik adalah iklan yang ditampilkan melalui radio televisi video film internet dan sejenisnya

Menurut tempat pemasangannya iklan dibagi menjadi dua macam yaitu

1.      Iklan dalam dan luar ruangan berbentuk iklan di televisi brosur majalah koran dan buklet.

2.      Iklan luar ruangan antara lain berbentuk papan nama baliho dan spanduk.

Televisi merupakan salah satu media informasi dan komunikasi. 

Kelebihan iklan televisi

·         bersifat dapat dilihat dan didengar (audiovisual)

·         diperagakan oleh bintang iklan atau model

·         menggunakan lagu Jingle dan soundtrack

·         serta cara penyampaian yang lebih bervariasi

Pihak produsen lebih memilih media televisi dalam mempromosikan produknya televisi dianggap lebih efektif dan merupakan media yang dapat menjangkau sasaran yang lebih luas dalam waktu yang relatif singkat.

Mengenal kalimat aktif dan pasif

·         Kalimat aktif subjek melakukan pekerjaan atau melakukan suatu perbuatan. Cirinya adalah menggunakan kata kerja berawalan me-

Contoh: kita harus menjaga kesehatan

Raya memakan makanan sehat dan bergizi

·         Kalimat pasif di dalam kalimat pasif subjek dalam kalimat tersebut dikenai pekerjaan atau perbuatan. Cirinya adalah menggunakan kata kerja berawalan di-

Contoh : hidup sehat selalu dijalani oleh Raya setiap hari

munculnya penyakit dapat dipicu oleh stres

Comments

Popular posts from this blog

Makalah pembuatan Gemblong Kuningan

Monsoons

ASMAUL HUSNA ( AL MUHYI-AL MUMIT, AL HAYYU, AL-QAYYUM, AL AHAD)